5 Bentuk Komunikasi Non-Verbal Ini Penting dalam Hubungan Asmaramu

08 October 2018 by Admin

Berbagai hasil statistik dan penelitian menemukan bahwa komunikasi non-verbal memiliki peran lebih dari 50% dalam komunikasi yang kita lakukan setiap hari. Temuan ini menjelaskan bahwa, selain komunikasi verbal, komunikasi non-verbal pun sangat memengaruhi keberhasilan dalam hubungan antarindividu, terutama hubungan asmara sepasang kekasih.

Apa yang Amour pikirkan ketika si Dia berkata “Aku baik-baik saja” namun mulutnya cemberut, matanya mendelik, dan ia pun menyilangkan tangan ke dadanya? Tentu Amour akan mempertanyakan kalimatnya tersebut, bukan? Ketidakselarasan antara komunikasi verbal dan non-verbal tersebut akan memunculkan kesan negatif. Hal ini tentunya akan berujung pada hubungan yang kurang baik. Maka dari itu, penting bagi Amour dan si Dia untuk mengetahui dan melakukan bentuk-bentuk komunikasi non-verbal yang positif demi keberhasilan hubungan asmara yang tengah dijalin.

Lantas, apa sajakah bentuk komunikasi non-verbal?

Sentuhan
Sentuhan adalah bentuk komunikasi non-verbal yang paling penting dan dapat memberikan berbagai manfaat bagi hubungan asmara. Membelai rambut, menyentuh wajah, berpelukan, berpegangan tangan, dan memijat lembut punggungnya adalah beberapa bentuk positifnya. Agar si Dia merasa lebih nyaman dengan sentuhan Amour, gunakanlah Body Lotion Enchanteur setiap hari. Kandungan alami yang terdapat dalam Body Lotion Enchanteur akan membantu melembapkan kulitmu sehingga terasa lebih lembut saat disentuh.

Ekspresi Wajah
Wajah adalah bagian yang paling ekspresif dari tubuh. Wajah mampu mengekspresikan beragam emosi meski tanpa sepatah kata pun keluar dari mulut kita. Dalam setiap hubungan antarindividu, senyuman tulus merupakan bentuk komunikasi non-verbal yang paling kuat dan positif. Maka dari itu, janganlah bosan untuk selalu memberikan senyuman hangat untuk si Dia setiap hari, ya.

Gestur atau Bahasa Tubuh
Saat berbicara dengannya, berikan anggukan sesekali untuk mengisyaratkan bahwa Amour tidak hanya mendengarnya, tetapi juga menyimak pembicaraannya. Sedikit menyondongkan tubuh ke arahnya juga dapat berarti bahwa Amour tertarik dengan pembicaraannya. Saat beradu argumen, hindari menyilangkan tangan di dada atau membalikkan tubuh karena keduanya merupakan sinyal yang negatif. Saat berjalan bersama, usahakanlah untuk selalu berada di sampingnya. Berjalan jauh darinya atau mengubah arah secara tiba-tiba dapat mengartikan bahwa Amour dan si Dia bukanlah satu tim.

Nada Suara
Nada dan volume suara sangat memengaruhi pesan verbal yang tengah disampaikan. Jika Amour berkata hal yang baik namun dengan nada yang tinggi dan volume yang besar, hal tersebut bisa saja menyinggung perasaan atau membuat si Dia bingung. Jadi, apa yang akan disampaikan dan bagaimana Amour menyampaikannya, kedua hal tersebut harus selalu diperhatikan.

Ruang atau Jarak saat Berkomunikasi
Bayangkan, ketika Amour merasa down, si Dia hanya menghibur dengan kata-kata sambil duduk diam 2 meter di hadapanmu. Apa yang Amour rasakan? Padahal, berdekatan dengan orang yang Amour cintai dan merasakan kehadiran fisiknya bisa menjadi hal yang sangat menenangkan dan menghibur ketika kata-kata tidak mampu melakukan tugasnya. Maka dari itu, ruang atau jarak juga sama pentingnya dengan bentuk komunikasi non-verbal lainnya.

Kunci kesuksesan setiap hubungan asmara terletak pada komunikasi, baik verbal maupun non-verbal. Maka, jangan lupa untuk selalu menggunakan Body Lotion Enchanteur agar sentuhan yang Amour berikan saat berkomunikasi dengannya terasa lebih lembut dan menenangkan baginya. Kini, Amour pun bisa mendapatkan rangkaian produk Body Lotion Enchanteur dengan mudah melalui Shopee dan Tokopedia.

Jangan lewatkan info dan tips bermanfaat lainnya seputar dunia perempuan hanya di page Facebook, Twitter, dan Instagram Enchanteur. Gunakan selalu rangkaian Body Lotion Enchanteur dan berikan sentuhan terlembut untuk si Dia!

Sumber:

  • open.lib.umn.edu/communication/chapter/4-2-types-of-nonverbal-communication/
  • helpguide.org/articles/relationships-communication/nonverbal-communication.htm
  • focusonthefamily.ca/content/head-to-toe-must-know-body-language-for-a-happy-marriage
  • huffingtonpost.co.uk/sam-owen/verbal-and-non-verbal-communication_b_2485864.html