Ketahui Makna Dibalik Timbulnya Jerawat di Wajah & Tubuhmu dari Kaca Mata Medis

12 July 2017 by Admin

Siapapun pasti sepakat jika jerawat itu menyebalkan. Apalagi, hampir sulit memprediksi kapan dan di mana munculnya jerawat di area wajah atau tubuhmu. Meski bukan hal yang disenangi, ternyata munculnya jerawat tidak sepenuhnya buruk loh, Amour. Jerawat yang muncul di tempat-tempat tertentu ternyata menjadi pertanda adanya masalah kesehatan dan kebersihan yang mungkin tengah Amour alami.

Ketahui makna dibalik munculnya jerawat di area tertentu wajah dan tubuhmu dan cari tahu bagaimana cara mengatasinya di bawah ini:

Jerawat muncul di antara alis, hidung dan dahi
Menurut para ahli, ketika jerawatmu muncul di area dahi maka kemungkinan besar, pencernaanmu tengah terganggu. Bisa jadi kamu terlalu sering mengonsumsi banyak makanan junk food yang rendah gizinya dan kurang minum air putih. Selain banyak mengonsumsi junk food dan kurang minum air putih, stress juga bisa menjadi salah satu penyebab lainnya.

Stress yang berlebihan membuat tubuhmu melepaskan hormon adrenalin yang dapat meningkatkan produksi minyak dan berujung pada munculnya jerawat. Sebelum menghadapi minggu yang membuat stress, oleskan perawatan jerawat di area T-zone (dahi dan hidung) agar terbebas dari jerawat ya, Amour. 

Dagu, Garis Rahang, atau Leher
Saat menstruasi, hormon seperti testosterone berkurang drastis dan kelenjar di bawah kulit menghasilkan lebih banyak minyak. Minyak yang berlebihan inilah kelak dapat menyumbat pori-pori dan mengakibatkan jerawat.

Untuk menghindari jerawat yang muncul di area ini, sebaiknya optimalkan perawatan wajahmu seminggu sebelum menstruasi di mulai. Namun saat jerawat muncul semakin banyak dan bertambah parah, segera temui doktermu agar mendapatkan penanganan yang maksimal.

Pipi
Jerawat di area ini dapat diakibatkan oleh kontak langsung dengan tangan dan layar ponsel yang kotor. Apapun itu, entah tangan atau layar ponsel, yang menyentuh wajah untuk waktu cukup lama dapat mentransfer kotoran atau bakteri ke wajah. Bakteri dan kotoran ini dapat menyumbat pori-pori hingga mengakibatkan jerawat.

Demi menghindari munculnya jerawat di pipi, selalu bersihkan layar ponselmu dengan tisu anti bakteri setiap harinya. Tentu saja, kamupun harus menahan diri untuk tidak menyentuh wajahmu dengan tangan.

Garis Rambut
Jerawat dapat pula muncul di area garis rambut karena terlalu banyak menggunakan produk penataan gaya rambut. Ketika produk penataan gaya rambut seperti hairspray atau gel rambut tanpa sengaja terkena garis rambut, maka produk-produk tersebut dapat menyumbat pori-pori kulit.

Untuk itu, berhati-hatilah dalam memakai produk penataan gaya rambut. Hindari pengaplikasian produk dekat kulit kepala dan pastikan kamu mencuci tangan setelah selesai memakai produk tersebut. Ketika membasuh wajah, pastikan kamu menggosok akar rambut. Namun saat jerawatmu bertambah parah di area ini, gunakan toner di sekitar garis rambut untuk bantuan tambahan.

Sekitar Mulut
Penyebab utama munculnya jerawat di sekitar mulut berhubungan erat dengan asupan makan. Sisa-sisa makanan asam seperti lemon dan makanan berbahan cuka dapat menyebabkan iritasi pada kulitmu serta menimbulkan peradangan. Sementara itu, sisa-sisa minyak makanan gorengan secara langsung dapat menyumbat pori-pori kulitmu.

Selalu usap mulutmu dengan tisu pembersih wajah untuk menghilangkan sisa-sisa makanan tak terlihat di sekitar mulut setelah makan.

Leher
Jika jerawat muncul di leher, segeralah pergi ke dokter untuk mengecek kesehatanmu. Jerawat yang muncul di leher mengindikasikan jika tubuhmu tengah bertempur melawan infeksi bakteri. Inilah saatnya untuk minum banyak air putih dan cobalah beristirahat.

Dada dan Punggung
Pemilihan bahan sport bra atau T-shirt  yang salah dapat menjadi penyebab munculnya jerawat di sekitar dada dan punggung. Menggunakan T-shirt berbahan katun yang menyerap dan menahan keringat, justru dapat menyebabkan kulit lembab dan menjadikan tempat bagi tumbuhnya bakteri penyebab jerawat.  Oleh  karenanya, pilihlah bahan pakaian yang bebas lembab seperti microfiber atau campuran polyester-spandex saat berolahraga, Amour. Jangan lupa juga sertakan Enchanteur Perfumed Body Talc favorit Amour. Bedak tabur yang halus dikulit, cepat menyerap keringat dengan pilihan wangi yang elegan. Bedak ini merawat kulit dengan lembut, Amour pun jadi lebih percaya diri sepanjang hari.

Itulah beberapa makna dibalik munculnya jerawat. Penasaran dengan tips dan saran terbaru yang berhubungan dengan dunia perempuan dan hubungan asmara? Jangan lupa Like Facebook Enchanteur di sini dan follow akun Twitter serta Instagram

References:

  • http://skincare.allwomenstalk.com/this-is-what-your-breakouts-are-trying-to-tell-you
  • http://www.cosmopolitan.com/health-fitness/advice/a30911/things-your-pimples-say-about-your-health/
  • http://www.skinacea.com/acne/acne-face-map.html#.WQrn7Pl97IU