Ketahui Penyebab Bau Ketiak dan Cara Mengatasinya!

31 January 2023 by Admin

Ketiak yang bau seringkali mengganggu aktivitas sehari-hari, selain itu ketiak yang bau juga seringkali membuat tidak percaya diri. Nah Amour, mari kita bahas apa saja sih penyebab ketiak menjadi bau

1. Pola makan
Hal yang bisa mempengaruhi bau ketiak yg pertama adalah konsumsi makanan, karena apa yang Amour makan akan mempengaruhi bau keringat yang dikeluarkan. Beberapa contoh makanan yang menimbulkan bau menyengat adalah:

  • Makanan yang mengandung belerang seperti bawang, brokoli, kol, dan kembang kol
  • Rempah-rempah seperti kari, jintan, dan ketumbar
  • Alkohol

2. Keringat berlebih
Penyebab bau ketiak yang kedua adalah keringat berlebih, umumnya keringat berlebih akan mendorong timbulnya bakteri karena kondisi lembab pada area ketiak.

3. Perubahan hormon
Perubahan hormon juga dapat mempengaruhi aroma tubuh, kebanyakan bisa disebabkan oleh siklus menstruasi, kehamilan, atau menopause. Selain itu perubahan hormon juga bisa terjadi ketika sedang stress.

4. Konsumsi obat-obatan tertentu
Yang terakhir konsumsi obat-obatan, suplemen tertentu juga dapat membuat bau keringat tidak sedap

Nah Amour sudah tau nih apa saja penyebab ketiak bau, gimana sih cara mengatasi dan mencegah bau ketiak ?, Yuk simak tips berikut!

1. Jaga Kebersihan Tubuh
Dengan menjaga kebersihan tubuh, akan mencegah pertumbuhan bakteri loh Amour, jadi pastikan kamu mandi sebelum dan sesudah kegiatan. Nah kamu bisa mandi dengan menggunakan Enchanteur Perfumed shower Gel dengan formula baru yang diperkaya dengan mawar dan olive oil akan memberikan sentuhan kesegaran, melembutkan dan menghaluskan kulit, serta memberikan wangi yang tahan lama.

2. Gunakan Pakaian yang Nyaman dan Bersih
Yang kedua kamu bisa menggunakan pakaian yang nyaman dan menyerap keringat. Selain itu kamu harus memastikan pakaian yang kamu pakai bersih dan benar-benar kering agar tidak menimbulkan pertumbuhan bakteri.

3. Kurangi Makanan Penyebab Bau Keringat
Tips yang ketiga sebaiknya kamu mengurangi konsumsi makanan yang memicu bau keringat tidak sedap yang sudah disebutkan sebelumnya ya Amour.

4. Rawat Kulit Ketiak
Tips terakhir kamu harus menjaga kebersihan ketiak dengan rajin mencukur bulu ketiak kamu ya Amour, karena bulu ketiak yang lebat akan menjadi sarang pertumbuhan bakteri, selain itu kamu juga bisa menggunakan deodorant yang tepat seperti Enchanteur Perfumed Deodorant Roll-On Antiperspirant yang akan memberikan perlindungan hingga 48 jam, mengurangi bau tidak sedap, dan mengurangi keringat berlebih. Enchanteur Perfumed Deodorant Roll-On Antiperspirant juga tidak lengket ketiga digunakan, cepat kering, dan memiliki 5 varian yang bisa kamu pilih. Untuk tips lain cara merawat kulit ketiak Amour bisa baca disini ya!

Jadi gimana Amour, sudah tahu kan apa saja yang menyebabkan bau ketiak dan cara mengatasinya ?. Yuk cegah dan atasi bau ketiak dengan rangkaian perawatan Enchanteur yang bisa kamu beli kapan saja dimana saja di Shopee, Tokopedia, Lazada. Jangan lupa, ikuti terus page Facebook, Twitter, dan Instagram Enchanteur untuk mendapatkan info dan tips menarik lainnya.

Sumber:
https://www.insider.com/guides/health/conditions-symptoms/why-do-my-armpits-smell-so-bad
https://www.halodoc.com/artikel/5-cara-jitu-menghilangkan-bau-ketiak