Tampil Cantik dengan Riasan yang Sesuai Bentuk Wajah

22 March 2017 by Admin

Seringkali saat berusaha tampil secara maksimal, entah itu mengikuti panduan make-up blogger atau meniru riasan artis papan atas, riasan tersebut tampak kurang pas di wajah kita. Hal biasanya dikarenakan riasan make-up blogger atau artis-artis tidak pas dengan bentuk wajahmu, Amour.

Jangan khawatir. Seperti riasan milik Taylor Swift yang terkenal khas menggunakan lipstick berwarna merah, riasan yang sesuai dengan bentuk wajahmu dapat menghasilkan tampilan cantik dan elegan. Kenali bentuk wajahmu dan riasan apa yang cocok dengannya agar kamu tampil mempesona dengan panduan berikut ini:

Bentuk Wajah Hati
Dalam kasus ini, bentuk wajah mudah dikenali dari dahi yang lebar dan garis tulang rahang yang memanjang. Sedikit banyak bentuk wajah hati tampak seperti segitiga terbalik. Riasan terbaik bagi si wajah hati adalah yang mengurangi lebar dahi dan menonjolkan bagian dagu.

  • Gunakan bronzer atau foundation berwarna lebih gelap dari kulitmu di pelipis dan bagian bawah dagu. Bubuhi bubuk highlighter di bagian tulang pipi dan juga di atas hidungmu. Bentuk bagian hidung menggunakan broner dan tambahkan sedikit warna di bagian pipi untuk menonjolkan tulang pipimu.
  • Daripada mata, pulaslah bibirmu. Gunakan lip plumper atau gloss dan warna-warna tegas untuk lipstick agar semua mata terfokus pada bibir.
  • Hindari riasan mata yang terlalu smokey, gunakan warna yang lebih muda bahkan saat kamu keluar malam.
  • Beri tulang pipimu kontur menggunakan bronzer dengan menyapu bagian cekung pipimu.
  • Gunakan warna blush yang tipis.

Bentuk Wajah Berlian (Diamond)
Bagian dahi pada bentuk wajah ini tampak sempit dengan tulang pipi yang sangat lebar dan dagu yang kecil. Riasan yang meminimalisir lebar tulang pipi tampak paling pas untuk bentuk wajah ini.

  • Gunakan riasan untuk membuat bagian tengah wajah tampak cerah. Liquid foundation yang terang atau bubuk highlighter akan menampilkan efek yang membuat fokus terpusat pada bagian tengah wajahmu.
  • Pulas foundation atau highlighter di bagian dahi, jembatan hidung dan bagian tengah dagu.
  • Gunakan bubuk bronzing atau foundation berwarna lebih gelap, kontur bagian atas dahi, atas dagu dan bagian bawah tulang pipi untuk meminimalisir lebar dan memberikan wajah tampilan yang lebih proporsional.

Bentuk Wajah Oblong / Wajah Kotak
Wajah oblong dapat terlihat dari framenya yang panjang dan kecil, sehingga riasan yang tepat adalah riasan yang membuat wajah lebih berdimensi serta memperpendek panjangnya wajah. Sementara itu wajah kotak memiliki dahi yang lebar menyesuaikan garis rahang. Oleh karena itu riasan korektif yang berhubungan dengan mengecilkan bagian dahi dan garis rahang demi mengurangi struktur tulang.

  • Kedua tipe wajah ini tampak menawan jika diberi riasan yang membuat wajah tampak lebih oval atau bulat. 
  • Buat alis sedikit lebih naik daripada tulang alis. Trik ini dapat membuat wajahmu berbentuk lebih oval dan bulat.
  • Gunakan warna yang pink (terang) untuk bagian pipi bawah dan warna yang lebih gelap di bagian pipi atas.
  • Buat bulu mata terlihat lebih besar dan dramatis dengan menggunakan double curling (sebelum dan setelah menggunakan mascara) atau kamu bisa berkesperimen dengan menggunakan bulu mata palsu berwarna lebih gelap.
  • Coba untuk menjaga bibir tampak minimalis dan berwarna rosy pink. Dengan ini, wajahmu tampak lebih penuh dan cantik.
  • Minimalisir bagian tajam di wajahmu seperti di bagian garis rahang atau hidung menggunakan bronzer atau liquid foundation berwarna lebih gelap.
  • Untuk hidung, gunakan highlighter atau bronzer di bagian atasnya. Jangan kontur bagian sisi hidung, biarkan saja tertutup foundation. 

Bentuk Wajah Oval
Oval merupakan bentuk wajah paling umum dimiliki perempuan. Merupakan bentuk yang sangat ideal, Amour yang berwajah oval memiliki bagian dagu yang sedikit lebih lebar dari dagi. Tidak terlalu banyak koreksi yang dibutuhkan bentuk wajah ini dan riasan seharusnya lebih menojolkan bentuk alaminya.

  • Tonjolkan bagian hidungmu dengan menggunakan teknik kontur. Pulas bagian sisi hidung menggunakan bronzer atau liquid foundation berwarna lebih gelap.
  • Rapihkan bagian alismu, tidak perlu membuat alis yang tinggi.
  • Pilihlah di antara bagian bibir atau mata yang ingin kamu tonjolkan dalam riasanmu.
  • Gunakan blush yang membuat wajah tampak lebih panjang. Jangan lupa kontur bagian bawah pipi untuk efek yang lebih dramatis.

Bentuk Wajah Bulat
Wajah berbentuk bulat biasanya lebar dan penuh dengan pipi dan garis wajah bulat. Tujuan riasan ini adalah untuk merampingkan wajah dengan memulas warna coklat di area luar pipi dan membubuhi bagian atas pipi menggunakan highlighter.

Gunakan bronzer yang bisa bekerja sebagai kontur. Pulas di sekitar pelipis dan bagian garis rahang. Jangan lupa bubuhkan highlighter di bagian dahi, bagian bawah mata, dan dagu.

Pulas blush di pipi bagian bawah untuk memberikan dimensi atau bubuhi langsung di bagian pipi atas demi menonjolkan bentuknya yang sempurna. Sapu blush dengan arah ke atas kalau Amour ingin menampilkan efek kurus.

Buat penampilanmu semakin cantik mempesona dan sempurna dengan membubuhkan sedikit parfum Enchanteur pilihan sebelum beraktivitas. Bagi Amour yang ingin tahu tips dan saran lain yang berhubungan dengan hubungan asmara serta semua hal mengenai perempuan, jangan lupa like Facebook Enchanteur di sini dan follow akun Twitter serta Instagram.  

Referensi:

  • http://www.wikihow.com/Apply-Makeup-According-to-Your-Face-Shape
  • http://www.stylecraze.com/articles/different-face-shapes-need-different-kinds-of-makeup/#gref
  • http://pinksworth.com/right-make-up-can-help-enhance-your-face-shape/